Jokowi menyatakan penyusunan kabinet ini telah dibahas dengan partai politik koalisi.
Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5/2019). Jokowi akan segera mengumumkan kabinet baru periode 2019-2024. Katadata/Donang Wahyu

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) sudah merampungkan penyusunan kabinet periode 2019-2024. Jokowi mengatakan para menteri kabinet akan didominasi dari kalangan profesional dengan komposisi sebanyak 55%.

"Sebanyak 45% merupakan usulan dari partai politik," kata Jokowi dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi berbagai media massa di Istana Merdeka, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

Jokowi menyatakan penyusunan kabinet ini telah dibahas dengan partai politik koalisi. Dia rencananya akan mengumumkan dalam waktu dekat, sebelum pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden pada Oktober.

(Baca: Wajah Baru Kabinet Jokowi: Menteri Usia di Bawah 30 Tahun)

Jokowi menyatakan untuk para menteri baru di kabinet mendatang dia akan memasang target dengan fokus pada 2-3 poin pencapaian. "Menteri yang dipilih harus punya kecepatan," kata dia.

Dia mencontohkan misalnya Menteri ESDM dalam lima tahun ke depan harus menyelesaikan proyek kilang. "Kabinet baru ini akan bagus dan yahud," kata dia.

Sebelumnya Jokowi menyatakan memaparkan gambaran perbandingan komposisi antara menteri dari partai politik dan profesional (nonparpol) sebesar 60:40 atau 50:50.

Dia  juga mengungkapkan bakal banyak menteri dari kabinet sekarang yang akan bertahan pada susunan kabinet baru. Sementara tambahan di kabinet akan ada pilihan menteri yang berusia muda, baik dari partai politik dan kalangan profesional.

(Baca: Pos Baru Kabinet Jokowi, Kementerian Ekspor Digabung Luar Negeri )

Yura Syahrul